Kamis, 31 Januari 2013

Beli Aplikasi Di AppWorld melalui Indosat


Beli Aplikasi Di AppWorld melalui Indosat

Billing Carrier Appworld merupakan metode baru charging pembelian aplikasi di Appworld dengan mata uang Rupiah dan di-charge secara langsung dari pulsa pelanggan (pelanggan prabayar IM3 atau Mentari) atau ditagihkan dalam billing cycle (pelanggan pascabayar Indosat Mobile). Saat ini aplikasi di Appworld hanya bisa dibeli dengan mata uang US$ dan menggunakan credit card atau paypal sebagai alat pembayaran. Dengan adanya Indosat Appworld ini, pelanggan BlackBerry Indosat bisa membeli aplikasi di Appworld secara langsung bila saldo simcard prabayar cukup atau ditagihkan dalam tagihan pascabayar.


Cara mudah untuk melakukan pembelian aplikasi melalui Indosat Appworld:
  1. Pastikan Appworld yang digunakan harus memiliki minimal Version adalah V3.0. Dari homescreen BlackBerry, arahkan kursor pada aplikasi appworld.
                                                                                                                                    
  2. Setelah masuk dalam menu appworld, pelanggan dapat melakukan searching beberapa aplikasi yang difavoritkan. Aplikasi tersebut masih dalam kurs mata uang Dollar US$.
                                                                              
  3. Pelanggan Indosat dapat mengubah kurs mata uang tersebut dari US$ menjadi Rupiah dengan cara sebagai berikut:
    1. Pelanggan kembali pada halaman awal appworld.
    2. Kemudian pilih menu My Account (gambar bawah sebelah kiri).
    3. Kemudian pelanggan akan diminta untuk memasukkan BlackBerry ID yang telah dimiliki sebelumnya dan klik Login untuk proses otentikasi.
    4. Bila pelanggan belum memiliki BlackBerry ID, silahkan klik “Create a BlackBerry ID” (gambar atas kanan) atau browsing URL http://id.blackberry.com/id/                                                                                                                                                
  4. Bila Login BlackBerry ID sudah sukses, maka pelanggan akan diarahkan menuju pilihan “Account Information” dan “Payment Options”. Silahkan pilih “Payment Options” dan pilih “Bill through Indosat”. Setelah itu klik button Next. Maka akan muncul pop up notifikasi bahwa pilihan pelanggan telah disimpan. Selanjutnya semua kurs mata uang akan berubah menjadi Rupiah dan proses pembelian aplikasi akan dilakukan melalui pulsa simcard prabayar IM3/Mentari/Indosat Mobile Auto maupun tagihan pascabayar Indosat Mobile.                                                                                                                         
  5. Perubahan kurs mata uang akan terjadi pada aplikasi appworld pelanggan. Maka pelanggan yang menggunakan simcard Indosat dapat melakukan pembelian aplikasi untuk BlackBerry melalui pemotongan pulsa simcard prabayar IM3/Mentari/Indosat Mobile Auto maupun melalui tagihan simcard pascabayar Indosat Mobile. Bila mata uang belum berubah menjadi Rupiah, lakukan kembali langkah nomor 4 dan tunggu sesaat kemudian (1-2 menit untuk appworld melakukan secara otomatis). 
    Bila mata uang masih juga belum berubah menjadi rupiah,
    1. Untuk device dengan keypad tekan tombol ALT diikuti R S T (dalam tempo cepat) agar appworld melakukan refresh.
    2. Untuk device tanpa keypad, dari appworld klik tombol menu dan pilih show keyboard. Kemudian tekan tombol Numlock (pojok kiri bawah) agak lama agar numlock terkunci. Kemudia lanjutkan dengan menekan angka 34 (dalam tempo yang cepat).
    Cek kembali ke appworld dan seharusnya appworld sudah menunjukkan mata uang rupiah pada setiap aplikasi yang berbayar. Bila mata uang masih belum menjadi rupiah, silahkan coba membeli salah satu aplikasi, maka akan muncul halaman konfirmasi seperti pada langkah 7 dimana mata uang sudah menjadi rupiah.
     
  6. Langkah-langkahnya sangat mudah bagi pelanggan yang ingin melakukan pembelian aplikasi. Sebagai contoh aplikasi yang akan dibeli adalah aplikasi “Signal Booster” seharga Rp 33.000,- . Silahkan pelanggan klik aplikasi “Signal Booster” tersebut, maka pelanggan akan disuguhkan page baru yang menjelaskan lebih detail mengenai definisi aplikasi “Signal Booster” beserta semua fitur, screeshot sampai dengan reviewnya. Klik button Rp33.000 .  
  7. Setelah pelanggan klik button Rp 33.000.00 maka pelanggan perlu memasukkan kembali BlackBerry ID dengan benar sebagai antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya “Fraud” atau penyalahgunaan appworld. Setelah sukses login kembali dengan BlackBerry ID yang benar, maka pelanggan akan disuguhkan kembali page konfirmasi pembelian aplikasi. Harga yang tertera sudah termasuk PPN. Klik “Buy Now” untuk melanjutkan download aplikasi (terjadi pemotongan pulsa sesuai harga aplikasi).  
  8. Proses download aplikasi sudah dimulai. Setelah selesai proses download dan permission, aplikasi muncul di homescreen.    
           


Tips dan Tricks
Appworld yang harus digunakan harus memiliki minimal Version adalah V3.0. 
Berikut langkah-langkah untuk melihat versi appworld yang terinstal.
  • Masuk ke aplikasi appworld dan pilih menu “My World”, Login BlackBerry ID, maka akan tampak versi App World (di gambar tertera v 3.0.0.73).
         
  • Bila pelanggan telah melakukan langkah No 4 namun kurs mata uang masih belum berubah, silahkan pelanggan melakukan Hard Restart BlackBerry device dan buka aplikasi appworld kembali.
  • Bila simcard pelanggan terdaftar menggunakan layanan BES, maka secara default IT policy akan mencegah user untuk melakukan pembelian aplikasi melalui appworld. Dibawah ini adalah notifikasi yang muncul ketika pelanggan BES  mencoba untuk membeli aplikasi dari appworld:
     
Adapun langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat IT policy memperbolehkan karyawannya membeli aplikasi dari appworld, adalah sebagai berikut:
  • Pada BES Admin Screen pilih tab “BlackBerry App World” seperti capture dibawah ini (tampilan dibawah menggunakan BES v.5.0.3(SP3))
  • Setelah itu lakukan hard restart device BlackBerry and pelanggan BES sudah bisa membeli aplikasi di appworld.
  • Bila pelanggan melakukan change device, maka semua aplikasi yang pernah dibeli dengan BlackBerry ID sebelumnya bisa didownload kembali di device yang baru hanya jika pelanggan menggunakan BlackBerry ID yang sama seperti sebelumnya. Pelanggan tidak akan dikenakan charge apapun untuk mendownload kembali aplikasi sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar